Pages

Saturday, August 20, 2016

Sejarah Singkat Video Game Legendaris "Pac Man"



Pernah main game “Pac man”?

Anak 90-an pasti tau.

Itu loh game komputer paling seru yang cara mainnya kayak gampang tapi pas ikutan main tiba-tiba jadi susah. Haha.

Ternyata game ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang desainer Jepang bernama Toru Iwatani di tahun 1980. Pada awalnya pak Iwatani menamakan game ini dengan istilah “Puck Man” yang aku sendiri gak tau arti atau maksudnya apa, dan kenapa bisa jadi Pac Man?

Ide game ini sendiri muncul dari sebuah harapan dari pak Iwatani pada dunia per-video games-an pada waktu itu. Pada saat itu tren video game dengan tema perang, senjata dan kekerasan sedang mewabah dimana-mana, sehingga pandangan masyarakat terhadap dunia video games menjadi buruk. Keadaan inilah yang membuat pak Iwatani merasa harus merubah pandangan tersebut. Beliau berharap dengan video game buatannya ini mampu memberikan sebuah pandangan baru terhadap dunia video games oleh masyarakat, baik itu player ataupun non-player.

Proses penciptaan karakter dari game ini juga sangat sederhana. Pak Iwatani sengaja menghilangkan elemen-elemen seperti mata, hidung dan lain-lain pada karakternya. Kenapa?

Jawabannya sederhana, karena beliau gak mau diribetin sama hal yang seperti itu. (mungkin pak Iwatani ini orangnya emang gak mau ribet kali ya)

Menurut beliau, biarlah player yang memutuskan bagaimana bentuk dari karakter Pac Man itu sendiri. Artinya pak Iwatani memberikan kebebasan imajinasi setiap individu untuk berkembang sesuai keinginan mereka masing-masing.

Konsep game ini sendiri muncul disaat pak Iwatani sedang makan pizza. Katanya disaat pak Iwatani lagi makan berkotak-kotak pizza karena lapar setelah bekerja, muncullah sebuah konsep video game dengan konsep, “memakan”

Beliau bilang, kata yang pertamakali muncul saat itu adalah ‘taberu’ yang artinya makan. Dalam karakter bahasa jepang, kata makan itu berbentuk persegi empat, namun karena beliau maunya desain yang lebih simpel akhirnya persegi empat itu dijadikan lingkaran. Dan desain Pac man yang sedang makan itu diambil dari desain potongan lingkaran pizza yang sudah dimakan.


Semua dokumentasi sejarah dan dokumen awal dari pembuatan game ini sekarang udah bisa dilihat di museum Pac Man di Jepang.

Tentu saja harapan aku kedepannya bisa mengunjungi museum ini dan melihat sendiri bagaimana indahnya sebuah sejarah dari sebuah video game legendaris. Amin.